Obat Flu Aman dan Manjur untuk Anak


Flu ialah infeksi virus yang dapat menyerang siapapun di semua umur. Tetapi, beberapa anak semakin lebih seringkali terkena flu sebab skema kebal tubuhnya belum cukup kuat untuk menantang virus. 

Jangan dibiarkan si kecil rewel tidak karuan sampai berlarut-larut sebab flu. Berikanlah obat saat anak telah mulai tunjukkan tanda-tanda flu. Anda dapat temukan obat-obatan flu ini di warung, apotek, toko obat, sampai supermarket besar tak perlu menebus resep dokter. 

1. Paracetamol 

Obat paracetamol efisien untuk menurunkan tanda-tanda flu seperti demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, ngilu otot serta pegal-pegal. Tetapi, obat ini cuma bisa diberi pada anak umur di atas 3 bulan. 

Walau di jual bebas tanpa ada resep dokter, pakai obat ini sesuai ketentuan gunakan yang tercantum pada paket obat. 

Bila anak punyai kisah penyakit tersendiri, semestinya konsultasi terlebih dulu sebelum Anda memberi obat flu ini. 

2. Ibuprofen 

Ibuprofen masuk juga dalam daftar obat flu yang aman buat anak. Tidak hanya turunkan demam serta menurunkan ngilu, obat ini efisien untuk menangani peradangan di badan. 

Sayangnya, tidak semua anak dapat minum obat ini. Ditambah lagi bila si kecil mempunyai kisah penyakit akut, seperti asma serta penyakit ginjal atau hati. Oleh karena itu, semestinya Anda konsultasi terlebih dulu ke dokter sebelum memberi obat ini untuk menangani flu anak. 

3. Cairan saline 

Buat orang dewasa, hidung terhalang sebab flu memang membuat tidak nyaman. Dapat dipikirkan ‘kan jika keadaan ini dihadapi oleh beberapa anak? 

Untungnya, keadaan ini dapat diredakan dengan memakai cairan saline, alias semprotan hidung. Cairan saline adalah larutan air garam yang dipakai untuk melembapkan aliran pernafasan serta melunakkan lendir (ingus). Nah, sesudah ingus melunak, sedot cairan pada hidung bayi dengan alat sedot ingus. 

Tetapi, yakinkan Anda telah konsultasi ke dokter terlebih dulu ya sebelum lakukan langkah berikut. 

Tetap cek daftar formasi obat 

Jangan sampai memberi aspirin atau obat-obatan yang memiliki kandungan aspirin pada beberapa anak. Pemakaian aspirin pada beberapa anak bisa mengakibatkan sindrom Reye, penyakit serius yang merubah hati, otak, serta darah. 

Oleh karena itu, bila Anda ingin memberi obat bebas tanpa ada resep dokter untuk menurunkan tanda-tanda penyerta flu yang dihadapi si kecil, penting selalu untuk cek cap formasnyai. 

Sekarang banyak obat flu anak yang di jual bebas di market adalah gabungan dari beberapa jenis obat penghilang tanda-tanda, dari mulai penurun panas, pereda ngilu, antihistamin, dekongestan dan lain-lain. Beberapa obat gabungan mungkin memiliki kandungan obat-obatan yang sebetulnya tidak aman bila dikonsumsi si kecil. 

Daripada pilih obat gabungan, pilih obat tunggal untuk menangani satu tanda-tanda detil. Bila Anda kahwatir mengenai formasi obat atau keamanan obat yang akan Anda beri untuk si kecil, jangan sangsi untuk menanyakan langsung pada apoteker atau dokter.

Belum ada Komentar untuk "Obat Flu Aman dan Manjur untuk Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel