Tips Menangani dan Pemicu Laptop Menjadi Blue Screen


Di jaman kekinian seperti sekarang, menggunakan laptop telah jadi satu kewajiban. Bahkan juga laptop sudah ada di beberapa segi kehidupan warga. Tidak bingung bila laptop juga seringkali alami kehancuran sebab sering beraktivitas berat. Satu diantara permasalahan yang seringkali berlangsung pada laptop ialah Blue Screen. Bila telah ini, biasanya laptop mendadak restart sendiri serta tidak dapat digunakan. 

Blue Screen atau Blue Screen of Death (Bahasa Inggris: Monitor Biru Kematian) dipersingkat BSoD berlangsung waktu skema operasi Windows alami kekeliruan (error) hingga skema operasi sangat terpaksa di stop (stop). Blue Screen cuma berlangsung pada skema operasi Windows atau skema operasi berbasiskan Windows (contohnya pada beberapa mesin ATM atau skema operasi ReactOS). 

Beberapa orang yang masih tidak paham apa pemicu dari Blue Screen serta bagaimana menanganinya 

Pemicu Laptop Blue Screen 

1. Driver Alami Kehancuran

Pemicu laptop Blue Screen ini biasanya mengikutkan pesan “IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL” dengan kode “0X0000000A” atau pesan “VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE”. Pemicu laptop Blue Screen ini berlangsung biasanya sebab skema operasi tidak menjumpai secara baik piranti baru yang dikaitkan hingga driver yang dengan manual atau automatis di-install alami kehancuran (crash). 

Hardware mungkin saja pemicu berlangsungnya Blue Screen, bila kamu memakai computer PC serta mengupgrade satu diantara elemen (contohnya VGA Card) umumnya kamu disuruh untuk meng-install driver. Driver ditujukan untuk “mengenalkan” piranti keras yang baru pada skema operasi hingga skema operasi bisa mengetahui piranti itu sesuai manfaatnya. Bila driver serta skema yang kamu install tidak pas karena itu ada berlangsung kehancuran atau eror. 

Jalan keluar: Yakinkan install driver hardware kamu yang sesuai dengan lalu coba lepas serta pasang lagi VGA card dan Audio card kamu, serta janganlah lupa yakinkan sudah terpasang secara benar. 

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023) 

Pemicu laptop Blue Screen ini ada kehancuran di partisi atau file systemnya. Tetapi bukan ada di hardsik. 

Jalan keluar: Coba check apa kabel SATA/IDE hardisk sudah terpasang secara benar serta cek partisi dengan chkdsk. 

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F) 

Pemicu laptop Blue Screen : 

· Overheat ( suhu pada laptop begitu panas ) 

· Overclocking yang terlalu berlebih 

· Processor yang corrupt 

· BIOS yang corrupt 

Jalan keluar: Kamu bisa mematikan (shutdown) laptop terlebih dulu lalu cek apa skema pendingin atau kipas kerja secara baik. Bila memiliki masalah coba imbuhkan elemen pendingin. 

4. DATA_BUS_ERROR 

Pemicu laptop Blue Screen ini ialah slot atau memory ( RAM ) ada kehancuran 

Jalan keluar: Coba check serta ubah RAM dengan yang baru 

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA 

Pemicu laptop Blue Screen ini ialah berlangsung kehancuran pada hardware, intinya pada Memory (RAM), VGA, serta memory pada processor (L2 cache). 

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE 

Pemicu laptop Blue Screen ini dapat berlangsung sebab tempat jumper pada hardisk yang salah lalu juga bisa sebab Driver IDE controller yang salah serta Virus Boot sector. 

Jalan keluar: Check keadaan kabel IDE , membersihkan virus pada boot sector serta mengatur kebali jumper pada hardisk 

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE 

Pemicu laptop Blue Screen ini ialah berlangsungnya kesalah saat installasi driver VGA kamu. 

Jalan keluar: Instal lagi driver VGA kamu, yakinkan dengan driver yang telah ter-update. 

8. BAD_POOL_CALLER 

Pemicu laptop Blue Screen ini ialah kekeliruan saat installasi OS ( umumnya berlangsung pada Windows XP) 

Jalan keluar: Yakinkan kaset CD installer tidak rusak atau corruptcara paling akhir untuk melakukan perbaikan bluescreen dengan meng-install lagi laptop. serta yakinkan CD windows atau ISO tidak corrupt, bila sesudah install lagi masih gagal kemungkinan berlangsung kehancuran pada hardware. 

Langkah Menangani Blue Screen 

· Sistem Restore 

Bila Blue Screen barusan berlangsung pada laptop kamu karena itu semestinya kamu memakai Sistem Restore untuk menanganinya. Ini akan membuat laptop kamu kembali pada kondisi awalnya. Jika sistem restore ini sukses karena itu peluang Blue Screen berlangsung sebab kekeliruan software. 

· Scan Malware 

Malware yang tembus jauh ke Windows ditambah lagi bila sampai di kernel Windows satu tingkat dimana hal terendah di Windows bisa mengakibatkan tidak stabilnya skema. Jalan keluar untuk menangani ini dengan lakukan scan antivirus pada malware. 

· Install Up-date Driver 

Satu driver yang salah install ataukah tidak diupdate bisa mengakibatkan crash. Unduh driver paling baru dari perusahaan hardware laptop kamu, mungkin ini akan melakukan perbaikan permasalahan BSOD. 

· Boot ke Safe Model 

Bila computer kamu alami BSOD saat dinyalakan, kamu dapat masuk ke Safe Model. Pada Safe Model, Windows cuma ambil driver-driver yang penting. Bila kamu salah meng-install driver yang mengakibatkan BSOD, dengan Safe Model kamu bisa menguninstallnya. 

· Check Permasalahan Hardware 

Blue Screen bisa berlangsung saat kegagalan hardware berlangsung dari laptop. Triknya dengan menuliskan Memory Diagnostics Tool pada Start Menu atau laptop kamu begitu panas serta kekurangan fan. 

· Install Lagi Windows 

Ini ialah pilihan paling akhir yang dapat kamu kerjakan ialah meng-install lagi laptop kamu. Dengan langkah berikut, skema akan terjaga dari pertama serta tidak ada kehancuran. Bila kamu masih alami Blue Screen bermakna masalahnya berada di hardware.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menangani dan Pemicu Laptop Menjadi Blue Screen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel