5 Tips Safety Riding yang Harus Kamu Lakukan Saat Berkendara

5-Tips-Safety-Riding-yang-Harus-Kamu-Lakukan-Saat-Berkendara

Indonesia memiliki penduduk yang sangat besar bahkan termasuk yang terbesar. Maka tidak heran kebutuhan akan alat transportasi juga meningkat. Coba kita lihat bersama bagaimana kondisi jalan saat ini dipenuhi oleh lalu lalang kendaraan. Belum lagi ditambah kebiasaan perjalanan seperti mudik tentu akan menambah kemacetan. Dan seringkali vibe seperti ini membuat beberapa orang tidak mengindahkan safety riding ketika berkendara. 

Padahal berkendara secara penuh kehati hatian dan kenyamanan adalah kebutuhan setiap pengendara. Namun jika kita lihat bersama masih banyak angka kecelakaan yang ada di Indonesia dengan faktor penyebab salah satunya adalah kelalaian atau pelanggaran aturan lalu lintas seperti menerobos lampu merah. Hal-hal seperti inilah yang tentu saja harus diperhatikan dengan seksama. 

Tips Safety Riding 

Nah buat kamu nih yang sering berkendara jarak jauh tentu harus mengenal kiat-kiat dalam berkendara yang aman dan nyaman. Tentu tidak ingin kan merugikan diri sendiri dan orang lain. Kamu dapat melakukan berbagai hal berikut ini baik sebelum melakukan perjalanan ataupun ketika sedang di perjalanan. Dengan catatan membacanya sebelum perjalanan ya. Jangan membaca artikel ini ketika kamu sedang di jalan. 

1. Pastikan ketika Berkendara tidak Memiliki Beban Fisik dan Mental 

Berkendara saat memiliki masalah yang berat bukanlah pilihan yang tepat. Berbagai beban dan masalahmu sebelum berangkat akan muncul kembali ketika di jalan dan tentunya akan menurunkan konsentrasi. Maka sebelum berangkat pastikan rilex dan saat kamu sudah menyelesaikannya tanpa kepikiran kamu baru siap untuk berangkat touring. Jangan lupa beban fisik juga harus hilang seperti kurang tidur dan kelelahan. 

2. Pastikan Berkendara dalam Kondisi Sehat 

Jangan menyetir kendaraan dalam kondisi yang tidak sehat. Kondisi tidak sehat bukan hanya ketika terkapar di kamar ya. Namun kurang fit, lemas, pusing juga kondisi tidak sehat dan tidak baik digunakan untuk perjalanan jauh. Lebih baik kamu berobat. Begitu pula ketika di jalan tiba-tiba merasakan kurang sehat maka menepilah. Jangan memaksakan diri untuk perjalanan jauh dalam kondisi sakit. 

3. Gunakan Perlengkapan Berkendara dan Cek Kendaraan 

Tips safety riding yang selanjutnya adalah menggunakan perlengkapan untuk berkendara. Dapat berupa helm, sarung tangan, masker debu dan berbagai perlengkapan lainnya yang dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari berbagai ancaman yang ada di jalan. Jangan lupa selalu gunakan helm SNI ya. 

Selanjutnya adalah cek kendaraan. Kamu harus melihat secara keseluruhan apakah kendaraan masih mumpuni untuk digunakan bepergian jauh. Misalnya saja ban motornya sudah menipis. Kamu perlu untuk melakukan service untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan selama di jalan. 

4. Jangan Lupa Surat-Surat 

Ketika bepergian jangan lupa untuk selalu membawa surat yang dibutuhkan dengan benar. Jangan sampai surat berharga seperti SIM, STNK dan KTP tertinggal karena kita tidak tahu kota mana saja yang akan melakukan operasi kelengkapan surat. 

5. Berhentilah dan Istirahat Sejenak Saat Lelah 

Ini klasik tapi sebenarnya sangat penting. Banyak yang pada akhirnya mengalami kecelakaan karena kelelahan dan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan. Ketika lelah pada dasarnya tubuh akan mengalami penurunan konsentrasi yang sangat tinggi. Hal ini membuat fokus kita tidak pada jalan namun seringkali kepada objek-objek yang lain bahkan sampai melamun. 

Berhentilah sejenak untuk beristirahat ataupun tidur. Penuhi juga kebutuhan perutmu. Baru setelah kamu segar kembali kamu dapat melanjutkan perjalanan. Jika nanti lelah kembali, tidak apa-apa kamu harus berhenti mencari tempat yang nyaman untuk beristirahat. 

Demikianlah 5 tips seputar safety riding. Selalu taati peraturan yang ada dan menyetirlah dalam kondisi yang sehat. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Safety Riding yang Harus Kamu Lakukan Saat Berkendara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel