Polusi Udara, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Polusi-Udara-Penyebab-dan-Cara-Mengatasinya

Polusi udara merupakan salah satu masalah serius yang dialami oleh negara Indonesia. Bahkan beberapa kota di Indonesia masuk ke dalam kategori kota yang memiliki tingkat polusi yang tinggi di dunia. Ada banyak sekali hal yang menyebabkan terjadinya polusi pada udara. Polusi pada udara tertinggi biasanya terletak pada kota-kota besar yang ada di Indonesia. 

Kualitas udara yang buruk akibat polusi saat ini sedang hangat diperbincangkan. Menurut https://artikel.rumah123.com/ kemarin kota Jakarta sempat dinobatkan sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia versi AirVisual.com. Dengan dinobatkannya Jakarta sebagai kota yang kualitas udaranya buruk, membuat pemerintah harus menangani masalah yang serius ini. 

Penyebab Terjadinya Polusi Udara 

Ada banyak sekali hal yang dapat menyebabkan terjadinya polusi udara. Mulai dari hal yang sederhana hingga hal yang besar. Beberapa hal yang dapat menyebabkan polusi pada udara antara lain adalah: 

1. Asap Pembuangan Kendaraan Bermotor 

Hal pertama yang biasanya kebanyakan menjadi penyebab terjadinya polusi adalah karena asap pembuangan yang berasal dari kendaraaan bermotor. Di kota-kota besar yang padat akan kendaraan bermotor biasanya memiliki tingkat polusi yang cukup tinggi. 

Asap pembuangan kendaraan bermotor ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sisa pembuangan kendaraan bermotor ini mengandung gas karbon dioksida yang dapat membahayakan kesehatan Anda, khususnya pernapasan. 

2. Gas Pembuangan Industri 

Penyebab lainnya yang menyumbang dampak polusi udara selanjutnya adalah gas pembuangan industri. Gas pembuangan itu dapat berasal dari berbagai macam kegiatan industri, baik industri skala kecil ataupun industri skala besar. Sisa gas pembuangan hasil industri dapat menambah dampak polusi bagi udara di sekitarnya. 

Selain berdampak terhadap polusi, gas pembuangan sisa industri juga dapat menyebabkan hujan asam. Hal ini dikarenakan asap sisa industri akan naik ke atmosfer, kemudian menjadi penyebab terjadinya hujan asam. Hujan asam pun cukup berbahaya bagi kelangsungan makhluk hidup. 

3. Kebakaran Hutan 

Hal lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya polusi adalah kebakaran hutan. Ketika terjadi kebakaran hutan, kualitas udara daerah tersebut akan menjadi semakin buruk. Bahkan dampak kebakaran hutan dapat beresiko terhadap kesehatan orang di sekitarnya. Beberapa penyakit yang muncul biasanya adalah penyakit yang berhubungan dengan pernapasan. 

4. Asap Rokok 

Asap rokok merupakan penyebab sederhana yang dapat menyebabkan polusi udara. Walupun terlihat kecil, ternyata asap rokok memiliki peran yang cukup berpengaruh dalam menyumbangkan tingkat polusi. Bayangkan saja, apabila banyak orang yang merokok, maka asap yang ditimbulkan pun akan semakin banyak. 

Asap rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan orang banyak. Banyak penyakit yang dapat ditimbulkan akibat menghisap asap rokok. Walaupun memiliki dampak yang berbahaya, masih saja banyak orang yang tetap merokok. Padahal merokok bukanlah suatu hal yang memiliki manfaat. 

Cara Mengatasi Polusi pada Udara 

Sebenarnnya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi tingkat polusi udara. Jika dilakukan secara konsisten dan teratur, bukan tidak mungkin polusi tersebut akan hilang dari udara di sekitar Anda. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi polusi pada udara antara lain adalah: 
  1. Menggunakan bahan bakar kendaraan yang ramah lingkungan 
  2. Menggunakan penyaring cerobong asap pada kegiatan industri 
  3. Tidak merokok 
  4. Memperbanyak penanaman pohon untuk mengurangi kadar polusi di udara 
  5. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. 

Demikianlah beberapa penyebab polusi udara dan cara untuk menguranginya. Mulai saat ini cobalah untuk menjaga kesehatan udara di sekitar Anda.

Belum ada Komentar untuk "Polusi Udara, Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel