Mengapa Beberapa Orang Sangat Mudah Menangis


Ada orang yang benar-benar mudah menangis, serta cuma dari melihat film memilukan atau dengar narasi mengharukan. Di lain sisi, ada juga beberapa orang yang benar-benar susah menangis walau sebetulnya merasakan susah. Apa yang mengakibatkan ketidaksamaan itu? 

Kenapa manusia menangis? 

Menangis ialah tanggapan alamiah manusia pada luapan emosi yang dirasakannya. Emosi yang membuat satu orang menangis umumnya berupa rasa sakit serta susah, tapi ada juga keadaan lain yang bisa memicunya. 

Misalnya, satu orang dapat mudah menangis waktu lihat suatu yang indah atau saat merasakan terharu. Anda benar-benar tidak rasakan emosi negatif, tetapi Anda malah tunjukkan tanggapan yang sama juga dengan beberapa orang yang alami rasa sedih. 

Menangis sebetulnya adalah sinyal jika ada suatu yang berlangsung pada diri Anda. Sadar atau tidak, Anda mungkin sedang merasakan susah, frustrasi, alami luapan emosi, atau sebatas ingin memperoleh perhatian orang. 

Tingkah laku ini dipercaya bisa memberi dampak lega sebab badan Anda melepas hormon pemicu depresi serta beberapa type toksin yang menyertainya. Rasa lega yang muncul pada akhirnya dapat turunkan efek stres serta kekhawatiran. Berikut keuntungan buat mereka yang mudah menangis. 

Tidak berhenti sampai disana, menangis terkait dengan peranan manusia jadi makhluk sosial. Tingkah laku ini memunculkan empati pada beberapa orang di seputar Anda, khususnya mereka yang mempunyai jalinan baik dengan Anda. 

Kenapa ada beberapa orang yang mudah menangis? 

Beberapa orang yang sering menangis mungkin akrab dengan hinaan ‘cengeng’. Walau sebenarnya, menangis tidak membuat Anda jadi orang yang lemah. Tingkah laku ini sebetulnya tunjukkan jika Anda mempunyai mental yang kuat. 

Menangis adalah proses perlindungan diri waktu Anda alami emosi yang membludak. Bila emosi tersendiri membuat Anda menangis, berarti Anda dapat temukan langkah yang sehat untuk mengutarakan emosi itu. 

Anda yang mudah menangis bukan beberapa orang yang tetap bersedih. Sebaliknya, Anda malah lebih sehat, bahagia, serta dapat mengerti diri kita. Anda berani ‘berkomunikasi’ lewat tangisan, dan jujur pada diri kita serta orang. 

Serta, cenderung untuk menangis memberi beberapa faedah. Salah satunya, menguatkan jalinan dengan orang, percepat pemulihan diri, dan membuat Anda lebih sehat dari sisi fisik atau psikologis. 

Lalu, bagaimana dengan orang yang tidak mudah menangis? 

Ketakmampuan untuk menangis adalah satu hal yang lumrah. Tetapi, keadaan ini dapat juga jadi sinyal dari stres melankolik. Ditambah lagi bila ketakmampuan untuk menangis sudah berjalan dalam tempo lama atau merubah kehidupan Anda. 

Arti ‘melankolis’ seringkali dipakai untuk memvisualisasikan beberapa orang yang peka serta gampang menangis. Karl Jaspers, seseorang pakar dalam bagian masalah mental, malah mendefinisikan yang dikit berlainan. 

Menurut dia, beberapa orang melankolis tidak mengerti apa yang mereka rasakan. Mereka seolah mempunyai dinding yang batasi dianya dari luapan emosi. Dinding ini membuat mereka tidak dapat mengetahui, atau sebatas rasakan emosi. 

Tidak mudah menangis bukan sinyal jika Anda ialah orang yang kuat. Sebaliknya, ini malah bisa jadi berefek jelek buat kesehatan mental Anda. Khususnya bila Anda tetap meredam diri dengan menyengaja supaya tidak menangis. 

Menangislah saat Anda merasakan ingin mengerjakannya. Acuhkan asumsi salah yang menjelaskan jika cuma orang lemah yang menangis. Meluapkan emosi dengan menangis ialah tingkah laku yang lumrah, serta berguna untuk kesehatan mental Anda.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Beberapa Orang Sangat Mudah Menangis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel