5 Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Patut Dicoba

5-Usaha-Sampingan-Tanpa-Modal-yang-Patut-Dicoba

Kebutuhan hidup akan selalu bertambah seiring berjalannya waktu. Senada juga dengan pengeluaran yang ikut bertambah. Untuk menekan biaya hidup ini tidak lain harus berhemat. Namun, berhemat saja tidak cukup karena pendapatan per bulan tentu harus meningkat untuk menunjang biaya hidup sehari-hari. Nah, untuk meningkatkan penghasilan kamu bisa membuka usaha sampingan yang dapat dikelola di rumah. 

Usaha Sampingan Tanpa Modal 

Untuk menambah biaya hidup sehari-hari kamu bisa menjalankan usaha di luar pekerjaan atau bisnis utama. Untuk modal kamu tidak perlu khawatir, karena jika kamu pintar melihat peluang usaha, banyak sekali usaha sampingan yang nyaris tanpa modal. 

Dengan memanfaatkan smartphone dan internet, kamu bisa berjualan produk maupun jasa dari rumah. Berikut akan dipaparkan beberapa contoh pekerjaan sampingan yang bisa kamu jalankan. 

1. Bisnis Dropship 

Mungkin sebagian dari kamu familiar dengan istilah dropship. Ya, dropship itu sebuah metode bisnis yang kamu aplikasikan dengan tidak melakukan stok dan pengiriman. Bekerja menjadi dropshipper cukup dengan mempromosikan barang dagangan, baik dengan cara online maupun offline. 

Jika ada pembeli, kamu cukup meneruskan pesanan ke supplier, karena mereka yang mengirimkan barang. Dalam membagi keuntungan, kamu akan mendapat komisi dari harga jual produk. 

2. Makelar Properti 

Ketika waktu sehari-hari kamu sangat luang, kamu bisa menjadi makelar properti. Untuk mendapat pekerjaan ini coba cari lowongan pekerjaan di perusahaan agen properti dan melamar menjadi freelance. Keuntungannya kamu akan mendapat komisi sebesar satu sampai tiga persen jika berhasil menjual rumah, apartemen, atau tanah milik developer. 

Untuk cara pemasarannya bisa dengan menghubungi teman, saudara, atau kenalan yang membutuhkan rumah. Atau Anda bisa juga dengan memposting informasi properti di media sosial, forum online, dan website jual-beli properti. Jika tidak terjual pun kamu gak akan rugi, dan kalo terjual kamu akan mendapat keuntungan. 

3. Jual Pakaian Bekas 

Menjual pakaian bekas yang berkualitas serta masih layak pakai menjadi salah satu usaha sampingan tanpa modal yang dapat kamu jalankan. Pakaian bekas ini bisa kamu dapatkan dari luar negeri, teman, sahabat, kenalan, atau pun pabrik baju. 

Peluang menjual pakaian bekas cukup menjanjikan, apalagi pakaian itu berasal dari brand terkenal. Daripada pakaian bekas kamu tersimpan di lemari dan tidak terpakai, sebaiknya coba jual saja ke orang lain. Cara penjualannya bisa lewat toko online, media sosial, dan berjualan di car free day. 

4. Jual Kaos Pre-Order 

Apabila kamu ingin mulai berbisnis tanpa modal, menjual kaos dengan sistem pre-order dapat kamu coba. Sistem pre-order ialah pembeli akan membayar uang muka untuk memesan barang yang baru sebatas gambar. Setelah pembeli terkumpul lumayan banyak, kamu baru bisa membeli barang yang dipesan dari supplier dan mengirimkannya. 

Begitupun dengan menjual kaos pre-order, kamu cukup membuat desain yang menarik lalu mempromosikannya. Apabila desain kaos kamu bagus serta tahu cara memasarkannya, dijamin akan ada yang tertarik dan membelinya. Kamu bisa menambah barang pre-order lainnya jika merasa masih ingin mencoba bisnis yang lain. 

5. Jasa Desain Grafis 

Memulai bisnis bidang jasa desain grafis memang nyaris tanpa modal awal, kecuali laptop sebagai alat pembuat grafis. Hanya dengan laptop atau komputer orang-orang bisa mendapatkan uang banyak. 

Di luaran sana banyak orang yang membutuhkan jasa desain grafis untuk pembuatan logo, kartu nama, poster, flyer, dan lain sebagainya. Pekerjaan yang berkaitan dengan desain grafis bisa dilakukan di rumah tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. 

Di zaman digitalisasi ini, jasa desain grafis sangat rentan dibutuhkan. Apalagi dengan menjamurnya Lembaga Swadaya Masyarakat dan Start-Up yang rutin melakukan kampanye online. Pada intinya, semua perusahaan membutuhkan jasa desain grafis untuk mengembangkan produknya. Walaupun kamu ingin membuka usaha sendiri, jasa desain grafis ini termasuk ke dalam bisnis yang nyaris tanpa modal. 

Demikianlah usaha sampingan tanpa modal yang patut kamu coba. Usaha sampingan yang dipaparkan di atas nyaris semuanya memiliki peluang usaha yang memanfaatkan skill, jasa, smartphone, dan internet untuk memasarkan produk. Dan usaha di atas sangat relate dengan keadaan lingkungan kita sekarang yang berupaya mendigitalisasikan semua hal, termasuk usaha sampingan online.

Belum ada Komentar untuk "5 Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Patut Dicoba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel