Beda Cara Mengobatinya, Pahami DBD dan Tifus Agar Tidak Tertukar

Beda Cara Mengobatinya, Pahami DBD dan Tifus Agar Tidak Tertukar

Tifus dan DBD merupakan dua penyakit yang ditunjukkan oleh gejala yang sama yakni demam tinggi dalam waktu yang tidak sebentar. Sepintas, dua penyakit tersebut terlihat mirip karena penderitanya sama-sama akan merasakan demam yang sangat tinggi dalam waktu lama. Hanya saja, pengobatan demam berdarah dan tifus berbeda sehingga Anda perlu mengetahui penyakit apa yang sebenarnya diderita. Untuk mengetahuinya, berikut ini beberapa perbedaan antara tifus dan demam berdarah 

Komplikasi 

Walaupun merasakan gejala yang sama yakni demam tinggi, namun penderita demam berdarah dan tifus akan mengalami komplikasi yang berbeda. Perbedaan komplikasi ini terletak pada kerusakan pembuluh darah yang mengakibatkan bintik merah pada kulit. Pada penderita demam berdarah dengue atau DBD, kerusakan pembuluh darah dapat berujung pada komplikasi berupa kegagalan sistem organ dalam hingga yang terparah sampai kematian. Sementara itu, penderita tifus akan merasakan komplikasi berupa masalah pada saluran cerna spesifiknya pada bagian usus. Bagian usus bisa berlubang yang membuat usus jadi bocor ke rongga perut hingga menyebabkan infeksi. Meskipun berbeda, keduanya sama-sama berbahaya dan perlu mendapatkan langkah pencegahan sesegera mungkin. 

Shock 

Baik tifus maupun demam berdarah, keduanya merupakan penyakit berbahaya yang bisa mengganggu keselamatan organ tubuh kita. Bagaimana tidak, selain merasakan demam tinggi, penderita demam berdarah maupun tifus sama-sama berpeluang mengalami komplikasi jika penyakit tidak segera disembuhkan. Hal ini biasanya juga akan diikuti oleh shock saat hal tersebut benar-benar terjadi. 

Perbedaan pada penderita tifus dan demam berdarah bisa dilihat dari shock yang didapat setelah mengetahui terjadinya komplikasi. Penderita tifus umumnya tidak akan mengalami shock saat belum terjadi komplikasi dalam tubuhnya. Sementara itu, penderita demam berdarah bisa mengalami shock atau kejang-kejang dan bisa lebih sering terjadi dibanding penderita tifus. Hal inilah yang perlu diwaspadai karena sangat berbahaya untuk keselamatan tubuhnya. 

Demikian 2 perbedaan antara tifus dan demam berdarah yang perlu Anda pahami. Selalu perkaya pegetahuan Anda dengan info kesehatan terbaru dari Guesehat.com. Semoga bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Beda Cara Mengobatinya, Pahami DBD dan Tifus Agar Tidak Tertukar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel