7 Oleh-Oleh Khas Belitung yang Bisa Kamu Beli dari Perjalanan dengan Paket Tour Belitung

7-Oleh-Oleh-Khas-Belitung-yang-Bisa-Kamu-Beli-dari-Perjalanan-dengan-Paket-Tour-Belitung

Mengikuti perjalanan wisata paket tour Belitung, tidak lengkap rasanya jika pulang dengan tangan kosong. Membeli oleh-oleh semacam menjadi hal wajib bagi orang yang bepergian, baik untuk digunakan sendiri maupun diberikan kepada saudara atau teman. 

Oleh-Oleh Khas Belitung 

Kalau kamu berwisata ke Pulau Belitung, jangan hanya terpesona dengan keindahan alamnya. Kamu juga bisa membantu perekonomian warganya dengan membeli oleh-oleh khas Belitung. Jika kamu tidak punya ide sesuatu yang bisa dijadikan sebagai buah tangan, berikut ini ada 7 ide oleh-oleh yang bisa kamu beli dari perjalanan indah di Pulau Belitung. 

1. Kerupuk belitong dan kemplang 

Tidak sah rasanya jika ke Belitung tapi tidak membeli jajanan khas pulau ini, yaitu kerupuk belitong dan kemplang. Kerupuk belitong sangat khas dengan rasa ikan yang sangat kuat. Selain ikan, makanan ini juga memiliki varian rasa lainnya yaitu udang, cumi, dan kepiting. 

Kemplang merupakan makanan sejenis kerupuk. Tampilannya hampir sama dengan kerupuk belitong. Bedanya, tekstur kemplang lebih padat dan tidak mudah hancur. 

2. Sambal lingkung 

Melihat dari namanya, mungkin kamu akan mengira ini merupakan sambal khas Belitung. Sayangnya bukan. Sambal lingkung merupakan abon ikan tenggiri yang dihaluskan kemudian diberi campuran cabai dan bumbu lainnya, sangat cocok disantap sebagai teman makan. 

3. Sirup jeruk kunci 

Belitung tidak hanya memiliki aneka makanan yang bisa dijadikan buah tangan, ada juga jenis minuman khas Belitung yang bisa kamu bawa pulang, yaitu sirup jeruk kunci. Sirup ini memiliki cita rasa yang menyegarkan, perpaduan antara manis dan asam khas jeruk kunci. Selain jeruk kunci, kamu juga bisa membeli varian sirup lainnya seperti sirup jeruk cino, sirup jeruk colong, dan sirup jeruk kalamachi. 

4. Lada putih 

Belitung merupakan daerah penghasil lada putih terbaik di Indonesia. Lada ini juga menjadi komoditas ekspor dari Belitung. Kamu bisa membeli lada putih untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dari perjalanan paket tour Belitung yang kamu jalani. Tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur, lada putih juga awet disimpan selama perjalanan pulang. 

5. Kopi Kong Djie 

Pecinta kopi, harap merapat. Untuk kamu yang suka kopi, atau ingin memberi oleh-oleh kepada pecinta kopi, kamu bisa membeli Kopi Kong Djie. Ini merupakan kopi yang terkenal di Belitung dan telah ada sejak ada tahun 1943. Kamu bisa merasakan langsung kenikmatan kopi di kedai Kopi Kong Djie dan juga bisa membawa pulang beberapa bungkus kopi ini sebagai buah tangan. 

6. Belacan 

Belacan merupakan terasi khas Bangka Belitung. Sebagian penduduk provinsi ini berprofesi sebagai nelayan. Hal ini menjadikan Belitung sebagai salah satu penghasil terasi dengan kualitas terbaik. Jika paket tour Belitung yang kamu pilih nanti mampir ke Pantai Tanjung Kelayang atau Tanjung Binga, jangan lupa sekalian membeli belacan di daerah ini untuk dibawa pulang. 

7. Ikan asin jambal roti 

Salah satu oleh-oleh yang menjadi primadona dari pulau ini adalah ikan asin jambal roti. Ikan asin jambal roti terbuat dari ikan Manyung yang difermentasi garam kemudian dijemur tanpa tambahan bahan pengawet lainnya. Oleh-oleh ini sudah tersedia dalam kemasan yang praktis sehingga akan mudah dibawa dalam perjalanan pulang. 

Demikian 7 oleh-oleh khas Belitung yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh untuk keluarga, teman, kolega, atau tetangga. Selain oleh-oleh berupa makanan, kamu juga bisa membeli berbagai souvenir mulai dari kaos, gantungan kunci, kerajinan tangan, dan pernak pernik lainnya selama perjalanan paket tour Belitung untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Belum ada Komentar untuk "7 Oleh-Oleh Khas Belitung yang Bisa Kamu Beli dari Perjalanan dengan Paket Tour Belitung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel