Fungsi Ban Cacing untuk Racing atau Touring?

Fungsi-Ban-Cacing-untuk-Racing-atau-Touring

Terkadang memang kita melihat ada beberapa motor yang memiliki ban kecil seperti ban sepeda. Kemudian muncul di benak kita sebuah pertanyaan bahwa “ini ban apa ya?” Rupanya itu adalah ban cacing. Sebenarnya apa fungsi ban cacing? Apakah untuk touring ataukah untuk racing? Jelaskan cacing itu bukan merupakan ban untuk sehari-hari.

ABG Salah Paham

Terkadang ban cacing sering digunakan para ABG untuk digunakan pada motor mereka. Padahal ban cacing ini bukan merupakan daily use. Ban cacing jika digunakan pada kegiatan sehari-hari akan berbahaya. Hal itu dikarenakan tapak dari ban ini sangat sempit dan juga tidak stabil untuk tikungan.

Tapi apa boleh buat terkadang ABG sudah tidak mau mendengar argumen apa-apa lagi. kalau mau bicara soal fungsi sebenarnya apa sih fungsi dari ban cacing itu sendiri? Sebenarnya ada banyak fungsi dan kegunaan dari ban cacing yang banyak orang salah paham.

Fungsi Sebenarnya

Ban cacing memiliki fungsi yang beragam mulai dari untuk urusan racing dan juga training standar. Kalau untuk touring ban ini agak sedikit tidak cocok. Lantas tadi ini harusnya digunakan di mana?

1. Drag race

Ban cacing biasanya digunakan untuk drag race. Hal tersebut dikarenakan ban cacing mempunyai bobot yang ringan. Itu akan memudahkan motor untuk melaju lebih cepat dan juga mencapai kecepatan tertingginya.

2. Medium Range Race

Untuk balapan jarak menengah ban cacing juga masih menjadi pilihan banyak pembalap, hal tersebut tentu karena bobotnya yang ringan. Namun ada beberapa kendala yang mengganggu seperti ban cacing ini kurang dapat menggigit pada saat tikungan ataupun jalanan yang licin.

3. Road Race

Tentu pada balapan yang satu ini ban cacing menjadi pilihan, karena tracknya yang berputar-putar dan cenderung sama membuat ban cacing jadi banyak pilihan para pembalap sebagai ban utamanya.

4. Free Style

Terkadang ban cacing dipilih juga untuk freestyle. Bobotnya yang ringan memudahkan para freestyler untuk mengangkat ban depan mereka. Memang tidak semua freestyler memilih ban cacing sebab tingkat kekuatan dari velg ban cacing biasanya tidak terlalu kuat.

Banyak manfaat dari ban cacing namun yang jelas ban ini tidak untuk digunakan sehari-hari. Selain berbahaya ban ini memiliki harga yang sebenarnya relatif mahal. Hal tersebut dikarenakan ban cacing berkualitas punya kekuatan yang lebih solid meskipun ukurannya yang kecil.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Ban Cacing untuk Racing atau Touring? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel